MAKALAH TENTANG BERSIKAP DAN BERGAUL DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT

10.11.11
BAB I
PENDAHULUAN

A.   LATAR BELAKANG
Dalam bersikap dan bergaul manusia perlu menghormati atau mengikuti peraturan-peraturan yang berlaku dalam kehidupan adat istiadat yang telah berlaku dalam kehidupan bermasyarakat. Jika tidak mengikuti aturan-aturan yang berlaku dalam bersikap dan bergaul maka manusia tidak akan bisa berkomunikasi dan tidak bisa berhubungan dengan baik di dalam kehidupan bermasyarakat.

Saat ini banyak manusia yang tidak bisa bersikap dan bergaul dengan baik di lingkungan mereka seperti dalam lingkungan keluarga, masyarakat, kampus  dan sekolah. Akibatnya mereka tidak diterima dengan baik di dalam lingkungan tersebut. Hal tersebut dapat mempengaruhi kehidupan dalam bermasyarakat seseorang karena tidak dapat bergaul dengan baik akibatnya mengganggu kondisi psikologis manusia yang tidak dapat bersikap dan bergaul dalam kehidupan bermasyarakat.

Untuk menjamin terbinanya pergaulan dalam masyarakat diperlukan sikap yang sopan santun, saling tolong menolong, menghormati orang yang lebih tua, bicara yang baik dan sopan kepada orang tua. Di dalam pembicaraan harus menggunakan tata bahasa yang sopan dan tidak boleh mengeraskan bunyi suara dalam berbicara.


B.   RUMUSAN MASALAH
Dari latar belakang tersebut dapat diambil suatu permasalahan yang dihadapi yakni seberapa pentingkah bersikap dan bergaul dalam kehidupan bermasyarakat.


C.   TUJUAN
Karena Melihat begitu pentingnya untuk memenuhi tugas mata kuliah softskill maka tulisan ini dibuat. Tujuannya agar setiap manusia mau mengikuti peraturan-peraturan baik tertulis ataupun tidak tertulis yang telah dibuat di masyarakat dalam bersikap dan bergaul. Tentu harapannya adalah agar manusia dapat bersikap dan bergaul dengan baik dalam kehidpan bermasyarakat di lingkungan manapun.

BAB II
PEMBAHASAN



Kita harus bisa bersikap dan bergaul dalam kehidupan bermasyarakat tetapi kita harus mengikuti etika etika yang berlaku dalam lingkungan tersebut. Ada beberapa etika yang sangat penting dalam bersikap dan bergaul yaitu :

1.      Etika bergaul dengan orang yang lebih tua
Yang dimaksud orang yang lebih tua disini adalah para orang tua kita, yaitu Bapak, ibu, kakek, nenek, paman, bibi, kakak dan orang lain yang lebih tua dari kita. Kita wajib menghormati orang tua yang telah memelihara kita dan membesarkan, mendidik dan membiayai hidup kita, tidak sedikit pengorbanan mereka lahir dan batin, baik materi, tenaga dan pikiran yang telah dicurahkan untuk kepentingan anak-anaknya. Walaupun mereka tidak mengharapkan balasan atas kasih sayang dan pengorbanan kepada kita.

2.      Etika bergaul dengan teman sebaya
Sebaya bisa berarti sama usianya, maka dari itu pergaulan dengan orang sebaya sangat penting. Hampir setiap hari, dikalangan masyarakat maupun di sekolah, kita sering kali berkumpul dengan teman sebaya yang memiliki kesamaan dengan kita dalam beberapa hal. Pada saat kita kesulitan, merekalah orang yang tepat untuk meminta atau dimintai tolong baik bersifat pribadi pun kita lebih terbuka.

3.      Etika bergaul dengan orang yang lebih muda
Tidak hanya orang yang lebih tua dan orang yang menjadi perhatian kita untuk selalu kita hormati, tapi juga orang-orang yang lebih muda. Islam menganjurkan kita agar bersikap merendah dan santun sesama mukmin, termasuk orang yang lebih muda dari kita. Walau kita banyak kelebihan dibanding mereka, kita tak boleh sombong, dan congkak pada mereka justru kita harus membantunya dengan penuh kasih sayang dan segala kecintaan.

4.      Etika bergaul dengan orang yang berbeda agama
Agama Islam menganjurkan kepada kita untuk bergaul dengan orang-orang yang berbeda agama dengan agama kita. Pada dasarnya mereka pun sama dengan kita (makhluk ciptaan Allah) hanya saja berbeda keyakinan, banyak beraneka sifat prilaku dan keinginan, juga kepercayaan dan keyakinan yang berbeda namun merupakan bagian dari masyarakat bangsa.



5.      Etika dalam berpakaian dan memandang
Fungsi pakaian adalah sebagai penutup aurat sekaligus perhiasan. Agama islam memerintahkan agar setiap orang memakai pakaian yang baik dan bagus, baik berarti sesuai dengan fungsinya yaitu menutupi aurat, sedangkan bagus berarti memadai (serasi).
sebagai perhiasan penutup tubuh yang sesuai kemampuan si pemakai. Untuk keperluan ibadah sholat di masjid kita dianjurkan pakai pakaian yang baik dan suci (terhindar najis).

6.      Etika dalam berbicara
Alat komunikasi paling utama dalam pergaulan adalah berbicara, dengan bicara kita dapat menyampaikan sesuatu, sebaliknya kita juga dapat mengetahui keinginan orang lain. Berbicara bisa mendatangkan banyak orang (teman) dan bisa pula mendatangkan musuh, maka dari itu kita harus pandai-pandai menjaga cara berbicara kita dengan baik. Agama islam mengajarkan agar kita berbicara sopan supaya tidak berakibat merugikan diri sendiri ataupun orang lain.

7.      Etika dalam makan dan Minum
Makan dan minum merupakan kebutuhan manusia untuk dapat bertahan hidup secara wajar dan sehat. Banyak makanan yang langsung diambil dari alam. Dari banyak jenis makanan dan minuman itu, kita dianjurkan oleh agama untuk memilih makanan yang baik dan halal, dan benar-benar diperlukan untuk kesehatan, tidak boleh berlebihan.



Berikut ini adalah cara cara bersikap yang disukai manusia dalam kehidupan bermasyarakat : 

1.    Manusia Suka Kepada Orang yang Memberi Perhatian Kepada Orang Lain.
Diantara bentuk perhatian kepada orang lain, ialah mengucapkan salam, menanyakan kabarnya, menengoknya ketika sakit, memberi hadiah dan sebagainya. Manusia itu membutuhkan perhatian orang lain.

2.    Manusia Suka Kepada Orang yang Mau Mendengarkan Mereka.
Kita jangan ingin hanya ucapan kita saja yang didengar oleh orang lain tanpa bersedia mendengar ucapan orang lain. Kita harus memberi waktu kepada orang lain untuk berbicara.
Contohnya, yaitu ketika teman kita berbicara dan salah dalam bicaranya itu, maka seharusnya kita tidak memotong langsung, apalagi membantahnya dengan kasar. Kita dengarkan dulu pembicaraannya hingga selesai, kemudian kita jelaskan kesalahannya dengan baik.

3.    Manusia Suka Kepada Orang yang Menjauhi Perdebatan.
Karena umumnya orang hidup dengan latar belakang dan pemahaman yang berbeda dengan kita dan itu sudah mendarah daging, sehingga kita harus menghormati juga pendapat orang lain.

4.    Manusia Suka Kepada Orang yang Memberikan Penghargaan dan Penghormatan Kepada Orang Lain.
Orang yang lebih muda harus menghormati orang yang lebih tua, dan yang lebih tua harus menyayangi yang lebih muda.

5.    Manusia Suka Kepada Orang yang Tahu Berterima Kasih Atau Suka Membalas Kebaikan.
Hal ini bukan berarti dibolehkan mengharapkan ucapan terima kasih atau balasan dari manusia jika kita berbuat kebaikan terhadap mereka. Sebaiknya kita tidak segan-segan untuk mengucapkan terima kasih dan membalas kebaikan yang diberikan orang lain kepada kita.




















BAB III
KESIMPULAN



·         Dalam pergaulan hendaklah kita saling hormat menghormati baik itu orang tua sendiri ataupun orang tua yang tentunya lebih tua dari kita.

·         Hormat menghormati seseorang perlu adanya aturan-aturan apalagi terhadap orang tua kita yang telah mendidik dan membesarkan kita sejak kita dilahirkan.

·         Dalam pergaulan hendaknya kita mempunyai sikap sopan santun dan ramah tamah karena dengan sikap ini kita akan lebih mudah bergaul dengan siapa pun.

·         Selain dalam pergaulan kita juga harus memperhatikan kesopanan dalam tata cara makan & minum dan juga etika dalam berpakaian dan memandang.

·         Dengan adanya pergaulan kita harus menghargai orang tua dan kalau berbicara pada orang tua haruslah bicara baik jangan bicara yang kotor kepada orang lain atau orang tua yang lebih tua dari kita.


















DAFTAR PUSTAKA



No comments:

Post a Comment